Sabtu, 15 Oktober 2011

Kesempatan Belajar ke Jerman Bagi Tamatan SMA

Alumni SMA Negeri 7 ( Dulu SMA 8 ) Program Bahasa tahun 1990 yang bernama Esie Hanstien telah berhasil mengukir kesuksesan dengan berkarier sebagai seorang Dosen di Universitas Leipzig yang merupakan Universitas tertua kedua di Eropa
Pada kesempatan kedatangannya ke Indonesia kali ini Esie datang ke sekolah dua kali dengan maksud memberi motivasi kepada siswa-siswi SMA 7 Pontianak untuk membuka wawasan dan menyampaikan bahwa Pemerintah Jerman setiap tahunnya memberikan kesempatan belajar gratis ( beasiswa ) untuk belajar di Jerman
melalui Deutsch Academisch Austausch Dient ( DAAD ) .



Persyaratan umum sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh DAAD (baca Web DAAD) . Persyaratan khusus siswa harus lulus ujian Bahasa Jerman A1 yang dikeluarkan oleh Goethe Institut Indonesia. Kursus biasanya ditempuh selama 6 bulan.
Sistem pendidikan di Jerman membuka peluang bagi siswa jurusan IPA, IPS, Bahasa untuk memilih jurusan apapun sesuai dengan kemampuan masing-masing, bahkan setiap siswa bisa kuliah di lebih dari satu jurusan/fakultas.
Bagi siswa SMAN 7 Pontianak tidak susah lagi untuk menempuh kursus tersebut, karena materi untuk sertifikat A1 (zDaF dulu) bisa dipelajari di sekolah dengan bimbingan para guru bahasa Jerman, jika dipandang sudah mampu siswa tersebut tinggal ujian di Goethe Institut dengan biaya sekitar € 52,5 .
Jika semua persyaratan telah terpenuhi dan siswa tersebut dinyatakan lulus, untuk kuliah di Jerman melalui seleksi DAAD, maka DAAD akan menaggung semua biaya mulai dari pengurusan Visa, keberangkatan tempat tinggal, biaya hidup dan juga biaya yang diperlukan untuk kuliah sampai batas waktu yang ditentukan sesuai dengan kontrak. Perlu diketahui bahwa pendidikan di Jerman gratis.
Setelah menyelesaikan studi, siswa tersebut bebas memilih, mau bekerja di Jerman atau pulang ke tanah air. Biasanya mahasiswa yang sudah pernah mendapat kesempatan dari DAAD, maka setelah 3 s/d 4 tahun akan dipanggil kembali untuk menjalani kursus bahasa Jerman di Jerman selama 2 bulan.